What’s Management
- Organisasi : Dua orang atau lebih yg bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai satu sasaran atau lebih yang spesifik
- Goal (Sasaran) : tujuan yang diusahakan untuk dicapai sebuah organisasi
- Manajemen : Proses merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua SD organisasi utk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan
How Important Management
- Manajerial Performance (prestasi kerja manajerial) : Ukuran seberapa efektif dan efisien dalam menetapkan dan mencapai tujuan
- Efektif (Effectiveness) : “Doing the Right Things / Melakukan sesuatu yang TEPAT”
- Efisiensi (Efficiency) : “Doing the Things Rights / Melakukan sesuatu dengan TEPAT”
Type of Management
- Manajemen Pemasaran (Marketing)
- Manajemen Operasi
- Manajemen Keuangan
- Entre/intra--preneurship
PROSES MANAJEMEN
Persoalan Dasar Manajemen
- Ketidakpastian
- Future is Abstract,
- Ketidaklengkapan data informasi di masa depan
- Keterbatasan
- Keterbatasan Human Resources
- Keterbatasan Informas
MANAGEMENT APPROACH
- Pendekatan Manajemen, terdiri dari 3 hal :
- Pendekatan Kewirausahaan (Entrepreneur Approach)
- Intuitif dan Agresif à optimistis,spekulasi,resiko
- Dramatic Leap Forward in face of Uncertainty à Kesuksesan atau Kegagalan
- Pendekatan Penyesuaian (Adaptive Approach)
- Konservatif à Menunggu pergerakan di masy (safety first)
- Hasilnya à Pertumbuhan tanpa pola, follower
- Pendekatan Terencana àSistematis, Terstruktur, dan Rasional
MANAGEMENT LEVEL & SKILLS
- Technical Skill à Kemampuan untuk menggunakan prosedur, teknik/pengetahuan dlm bid tertentu, cth : engineer,accountant,programmer
- Human Skill à Kemampuan utk bekerjasama dg mengerti ttg memotivasi sbg personal atau kelompok
- Conceptual Skill à kemampuan utk mengordinasikan dan menginterasikan kegiatan2 unit organisasi sbg suatu sitem serta melakukan antisipasi dampak perubahan.
MANAGEMENT LEVEL
PLANNING (Merencanakan)
- Memikirkan dengan matang sasaran dan tindakan berdasarkan pada beberapa metode, rencana, atau logika.
- Sbg Pedoman untuk :
- Menggunakan SD semaksimal mungkin utk tujuan
- Melaksanakan aktifitas scr konsisten sesuai dgn prosedur yang telah ditetapkan
- Memonitor dan mengukur kemajuan utk mencapai tujuan, sehingga ada korekktifitas jk terjadi kemajuan yang tidak memuaskan
- Perencanaan Meliputi :
- Perencanaan Jangka Pendek (1 – 5 Tahun)
- Perencanaan Jangka Panjang ( > 5 Tahun)
ORGANIZING (Mengorganisasikan)
- Proses mengatur dan mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan SD diantara anggota organisasi, sehingga bersinergi dalam mencapai tujuan organisasi
- Perbedaan sasaran tiap perusahaan à Struktur organisasi yang berbeda
- Hubungan dan Waktu à Sentral dalam mengorganisasikan aktifitas dalam perusahaan.
LEADING (Memimpin)
- Proses mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan porsinya.
- Bertanggung jawab dalam membuat kondisi kerja yang kondusif dan impresif.
- Sebagai Problem solution untuk setiap bentuk permasalahan didalam divisi yang dipimpin.
CONTROLLING (Mengendalikan)
- Mengendalikan roda perusahaan sesuai dengan porsi tanggung jawabnya
- Memastikan bahwa semua SD bergerak mencapai tujuan
- Elemen Controlling :
- Menetapkan standart prestasi kerja
- Mengukur prestas saat ini
- Membandingkan prestasi saat ini dengan standar yang telah ditetapkan
- Mengambil tindakan korektif bila terjadi deviasi yang terdeteksi
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
- Perusahaan dipengaruhi oleh :
- Perubahan dari lingkungan
- Struktur Lingkungan / kompleksitas
- Kelompok Lingkungan :
- Placid : Lingk. Sederhana, tidak byk elemen yang mempegaruhi (statis), dan perubahan dlm waktu lama, ex : Persh. Beras
- Disturbed Reactive : Tingkat persaingan tinggi, bereaksi thd kebijakan persh, ex : Pabrik Rokok
- Turbulent : Kompleks dan dinamis, ex : persh. Kontraktor, Konsultan IT
Comments :
Posting Komentar